Jumat, Mei 27, 2011

Titipan Untuk Gen. AX dan AY

Teman-teman yang terkasih dan tersayang, postingan kali ini adalah titipan buat teman-teman yang dikenal sebagai Generasi AX dan AY. Ini 2 kasus yang baik untuk kita pelajari bersama. Dua kasus ini adalah gabungan dari beberapa kejadian/kasus di kehidupan nyata. Semoga kita bisa belajar dari 2 kasus ini!

Kasus 1

Tragis sekali nasib Tarno. Dalam peristiwa bentrokan antara Satpol PP dan warga Penjaringan, Jakarta Utara, 5 bulan lalu, Tarno menjadi salah seorang korban dari pihak Satpol. Kondisinya sekarang masih dalam keadaan koma di RS Cipto Mangunkusumo. Keluarganya masih mencoba bersabar menanti kesembuhan Tarno, meskipun telah diusahakan pengobatan sedemikian rupa. Dalam peristiwa bentrokan 5 bulan lalu itu, Tarno dan teman-temannya mendapatkan perintah dari atasannya untuk menertibkan dan menggusur pemukiman di wilayah Penjaringan, karena di lahan itu akan segera dibangun Pembangkit Listrik. Bentrokan itu sendiri terjadi karena warga setempat masih menuntut hak mereka atas biaya ganti rugi. Tetapi pemerintah merasa sudah menjalankan kewajibannya, apalagi pemerintah punya alasan kuat, bahwa pembangunan pembangkit listrik ini akan bermanfaat bagi banyak orang. Pemerintah berasumsi para warga Penjaringan sewajarnyalah harus mau bekerjasama, karena ini demi kepentingan orang banyak. Sementara itu, terlepas dari persoalan bentrokan itu, ayah Tarno sudah pasrah dengan kondisi anaknya, bahkan ayahnya telah mengajukan permohonan kepada rumah sakit supaya mencabut selang saluran makanan tersebut dan merelakan anaknya pergi selamanya. Keluarga besar melihat sudah tidak ada harapan dan tanda-tanda kesembuhan dari diri Tarno. Apalagi keluarga sudah tidak sanggup lagi membiayai perawatannya.

Kasus 2

Santi mendapati dirinya mengandung. Doni, pacarnya marah habis-habisan karena sebulan yang lalu, pada waktu kejadian itu terjadi, Santi tidak mau minum pil anti-hamil, pil yang biasanya dipakai ibu-ibu bila ingin menjalankan program KB. Doni tidak mau bertanggungjawab atas kejadian ini dan menganjurkan Santi untuk menggugurkan kandungannya. Tapi, Santi takut akan tindakan itu. Sebaliknya, Doni juga menakut-nakuti Santi, sebabnya orangtua Santi kebetulan seorang kepala desa. Doni mengancam, jika Santi tidak mau menggugurkan, pasti keluarganya akan marah-marah, sebab itu menjadi sebuah aib buat keluarga. Belum lagi, masa depan Santi masih panjang, dan sekarang Santi juga baru kelas 1 SMA. Jauh sebelum permasalahan ini muncul, proses pacaran Santi dan Doni terbilang belum lama. Mereka baru berpacaran 3 bulan ini. Mulanya mereka bertemu lewat facebook. Lewat media itu, dan setelah bertukar sekian banyak message, Doni ujung-ujungnya mengajak “kopi darat”. Setelah perjumpaan itu, pertemuan mereka semakin sering. Doni tertarik dan memacari Santi, padahal selisih umur mereka lumayan jauh. Doni sendiri sekarang adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan yang sudah berumur 27 tahun.


Dari 2 kasus ini, cobalah pikirkan pertanyaan-pertanyaan kritis berikut ini:
  1. Sebutkan apa saja masalah moral yang ada di dalamnya!
  2. Tinjaulah masalah tersebut dengan bahasan teologi moral yang sudah kita dalami dan pelajari!
  3. Dan, berikan tanggapan kritis terhadapnya (ajaran kristiani, ajaran sosial, dsb.)!
  4. Jika memang perlu, buatlah solusi dan tujukan kepada siapa saja solusi tersebut harus diberikan?

5 komentar:

felisitas mengatakan...

oke ter..
:)

Eduardus Hardika mengatakan...

gmn ter?mana jawabannya..

Dominico Savio Octariano Widiantoro, SJ mengatakan...

Do, barusan saya posting jawabannya. mohon maaf atas keterlambatannya. Sementara itu, sebagian besar sudah saya koreksi. Beberapa lumayan baik jawabannya...

Eduardus Hardika mengatakan...

iya ter..sudah saya baca juga jawabannya..:)

JUAL VIMAX ASLI mengatakan...

Jual Vimax
Jual Vimax Asli
Obat Pembesar Penis
Vimax Asli
Jual Vimax Kapsul
Vimax Kapsul
Jual Obat Pembesar Penis
Vimax Original
Jual Vimax Original
Jual Vimax Kapsul Asli
Jual Vimax Original
Vimax Kapsul Asli
Jual Vimax
Jual Vimax Asli
Obat Pembesar Penis
Vimax Asli
Jual Vimax Kapsul
Vimax Kapsul
Jual Vimax
Vimax Original
Jual Vimax Original
Jual Vimax Kapsul Asli
Jual Vimax Kapsul Original
Vimax Kapsul Original